Gambar tema oleh MichaelJay. Diberdayakan oleh Blogger.

Author Info

Flickr

Cari Blog Ini

Blog Archive

Gallery

Random Posts

Social Share

Flickr

Sponsor

Recent comments

Text Widget

Text Widget

Contributors

Foto Saya
Penulis merupakan Arsitek & Pengajar yang berkonsentrasi dibidang desain bangunan serta konstruksi. Pertanyaan maupun konsultasi dapat melalui : sahrielmail@gmail.com. Semoga bermanfaat

Events

Latest

Popular Posts

Flickr Images

Recent posts

Pages

Theme Support

Like us

Unordered List

Recent Posts

Popular Posts

Minggu, 11 Juni 2017

Sejarah Arsitektur-10 Pelopor Arsitektur Rumah Modern

Arsitektur rumah modern yang makin marak penggunaannya memiliki asal-usul dan sejarah yang panjang. Pada awal munculnya, arsitektur gaya ini memiliki lebih banyak "haters" dibanding "lovers"nya. Namun pergerakan arsitektur modern membuktikan eksistensinya dengan memberikan pengaruh besar didunia arsitektur hingga saat ini.

Berikut ini adalah 10 karya arsitektur yang dapat dibilang "iconic" karena merupakan simbol pergerakan arsitektur modern di awal mulanya.



1. Gamble House
Dibangun tahun 1908
Arsitek : Greene and Greene
Lokasi : Pasadena, California

Rumah ini merupakan mahakarya dari Greene bersaudara, mengedepankan penggunaan Arts and Crafts, Art Nouveau, serta konstruksi kayu bergaya Jepang.




2. Frederick C. Robie House
Dibangun tahun 1909
Arsitek : Frank Lloyd Wright
Lokasi : Chicago

Karya arsitek kenamaan Amerika yaitu Frank Lloyd Wright ini bergaya Prairie, yang telah dikembangkan sejak awal tahun 1890an. Wright terkenal sebagai arsitek yang selalu menyempurnakan desainnya dengan berinovasi.

 

3. Schroder House
Dibangun tahun 1924
Arsitek : Gerrit Rietveld
Lokasi : Utrecht, Belanda

Melihat sekilas, bangunan ini terlihat seperti secarik lukisan yang timbul menjadi kenyataan. Unsur tradisional pada bangunan ditiadakan dengan mengedepankan garis dan bidang serta kemunculan warna-warna aksen. Pendekatan ini juga dilakukan untuk desain furnitur didalamnya. Mewujudkan gaya kontemporer pada saat itu yaitu De Stijl.

 


4. Lovell Beach House
Dibangun tahun 1926
Arsitek : Rudolph M.Schindler
Lokasi : Newport Beach, California

Ini merupakan rumah ketiga yang didesain oleh R.M. Schindler untuk Philip Lovell, salah satu dari sedikit pecinta arsitektur modern saat itu. Rumah ini memiliki struktur 5 deret kolom yang menjorok disatu sisi untuk mendapatkan view kearah laut.

 


5. Villa Savoye
Dibangun tahun 1931
Arsitek : Le Corbusier
Lokasi : Poissy, Perancis

Rumah peristirahatan ini berlokasi dekat dari kota Paris, dibangun untuk pasangan Pierre dan Emilie Savoye. Telah lama menjadi salah satu icon arsitektur modern. Bangunan ini secara sempurna menganut prinsip 5 point Le Corbusier yang telah ia kembangkan sejak 1920. 5 Point tersebut adalah :
- berdiri diatas deretan pilotis (kolom jangkung)
- fasad yang bebas dari tonjolan struktur
- jendela menyambung seperti pita
- open floor plan (tidak banyak sekat ruangan)
- taman diatap (roof garden) sebagai pengganti lahan hijau yang diambil untuk bangunan.

 

6. Gropius House
Dibangun tahun 1937
Arsitek : Walter Gropius
Lokasi : Lincoln, Massachusetts

Walter Gropius, yang membentuk gerakan Bauhaus di sekolah Jerman, tinggal di Amerika pada tahun 1937 untuk mengajar di Harvard Cambridge, Massachusetts. Ia mendesain rumah untuk ditempati bersama keluarga. 

 


7. Villa Mairea
Dibangun tahun 1939
Arsitek : Alvar Aalto
Lokasi : Noormarkku, Finlandia

Arsitek asal Finlandia, Alvar Aalto diberikan kebebasan penuh dalam mendesain rumah untuk pasangan Harry dan Maire Gullichsen untuk rumah musim panas mereka. Aalto terinspirasi oleh Fallingwater karya Frank Lloyd Wright. Hasilnya adalah bangunan dua lantai berbentuk "L" yang idenya sejalan dengan arsitek asal Inggris Colin St.John Wilson yaitu tradisi baru arsitektur modern yang menempatkan sisi manusianya diatas ideologi.

 


8. Eames House
Dibangun tahun 1949
Lokasi : Pacific Palisades, California

Meskipun hanya terdiri dari 2 susun persegi panjang pada denahnya, serta struktur baja yang juga membentuk jendela-jendelanya, bangunan ini menyatu dengan baik dengan lingkungan sekitarnya. Menunjukkan respeknya terhadap tempat serta ide arsitektur modern yang universal.

 

9. Glass House
Dibangun tahun 1949
Arsitek : Philip Johnson
Lokasi : New Canaan, Connecticut

Sang arsitek, Philip Johnson, merupakan pelopor dari gaya International Style, bertujuan untuk memperbarui cara berfikir mengenai arsitektur modern.

 

10. Farnsworth House
Dibangun tahun 1951
Arsitek : Ludwig Mies van der Rohe
Lokasi : Plano, Illinois

Seperti halnya Gropius, Mies berimigrasi ke Amerika sebelum perang dunia kedua, tiba di Chicago dan menuju Illinois Institute of Technology. Pengaruhnya pada perkembangan arsitektur pasca perang sangatlah luar biasa. Terutama pada desain bangunan pencakar langit dan bangunan-bangunan dalam kota lainnya.


Rumah yang nyaman dan interior yang baik merupakan impian setiap keluarga.
Kami dapat membantu anda mewujudkan impian anda akan desain rumah yang baik. Kontak kami untuk konsultasi dan konstruksi gaya rumah yang anda inginkan.

Call / WhatsApp : Mutiara Expose

0812-8041-0544
0877-8813-2834
0815-1066-5204

Jl. Raya Pondok Gede No. 49 Lubang Buaya Jakarta Timur


Tidak ada komentar:
Write komentar

Interested for our works and services?
Get more of our update !