Gambar tema oleh MichaelJay. Diberdayakan oleh Blogger.

Author Info

Flickr

Cari Blog Ini

Blog Archive

Gallery

Random Posts

Social Share

Flickr

Sponsor

Recent comments

Text Widget

Text Widget

Contributors

Foto Saya
Penulis merupakan Arsitek & Pengajar yang berkonsentrasi dibidang desain bangunan serta konstruksi. Pertanyaan maupun konsultasi dapat melalui : sahrielmail@gmail.com. Semoga bermanfaat

Events

Latest

Popular Posts

Flickr Images

Recent posts

Pages

Theme Support

Like us

Unordered List

Recent Posts

Popular Posts

Minggu, 11 Juni 2017

Perbedaan Arsitektur Modern dengan Kontemporer


Kedua istilah tersebut sering diungkapkan dalam tulisan maupun liputan tentang bangunan arsitektur. Namun apa sebenarnya perbedaan istilah arsitektur modern dengan kontemporer. Dari segi bahasa, kontemporer berarti apa yang sedang atau saat ini berlaku. Sedangkan modern merupakan gaya arsitektur yang bertentangan dengan masa sebelum revolusi industri.

 Jadi gaya kontemporer tidaklah dibatasi oleh jenis langgam tertentu. Sedangkan gaya modern dapat dispesifikasikan sebagai pergerakan gaya arsitektur di awal dan pertengahan abad ke-20 dimana penggunaan material yang dominan adalah baja, beton, kaca yang lebar, finishing putih, ekspresi minimal dan open floor plan.

 Namun gaya kontemporer seringkali dikaitkan dengan gaya modern. Tidak salah karena gaya kontemporer saat ini masih berakar pada gaya modern. Berikut beberapa contoh untuk memperjelas perbedaannya.

Modern :
Bangunan ini menggunakan banyak kaca lengkung pada dinding yang berbentuk setengah lingkaran. Lantai 2 yang menjorok dengan kantilever, jendela sudut dan permukaan putih.

 Bangunan dibawah ini memiliki inspirasi yang sama, jendela sudut dan kantilever dapat ditemukan. Aspek lain dari arsitektur modern adalah bentuk yang dibuat asimetris. Perubahan dari gaya klasik yang selelu mengutamakan keseimbangan simetri.

 


Kontemporer : Mush Residence memperlihatkan karakter arsitektur kontemporer dibandingkan dengan contoh sebelumnya. Tidak menggunakan permukaan putih, dinding dibungkus oleh lapisan zinc dengan pola acak. Kantilever dapat ditemukan namun memiliki hubungan komposisi yang lebih kompleks dibanding arsitektur modern.

 


Kontemporer : Rumah yang dirancang oleh Amitzi Architect ini menggunakan bentuk yang lebih sederhana, dinding solid memiliki permukaan putih. Suatu karakteristik unik dari rumah ini adalah bukaan disatu bidang dinding menggunakan louvered screens yang mengurangi intensitas cahaya matahari langsung. Hal ini berlawanan dengan arsitektur modern yang cenderung mengesampingkan faktor iklim dan cuaca.

 

Kebebasan komposisi kontemporer ditunjukkan dalam bentuk kubus yang memiliki sudut dan kemiringan tidak sama.

  
Modern : Rumah dibawah ini berbentuk memanjang, memiliki komposisi sederhana antara batu dengan kaca. Beton terlihat melayang, atap overhang, ditopang oleh kolom jangkung khas arsitektur modern. Jendela setinggi full dinding dan garis-garis horisontal ditunjukkan dengan kuat pada desain rumah ini.

 

Sedangkan rumah dibawah ini memberikan permukaannya hampir 100 persen fasad merupakan kaca lebar. Balok besar dan solid terlihat sebagai elemen horisontal yang tegas menopang kaca-kaca ini. Denah open floor plan dapat terlihat karena tampak depan yang sangat transparan.

  
  
Kontemporer : Jendela dengan tinggi full dinding tidak selalu berarti arsitektur bergaya modern. Kesan pada bangunan dibawah ini adalah kontinuitas elemen bingkai berwarna merah melingkupi setiap sisi bangunan. Berbeda dengan arsitektur modern, bangunan ini membuat banyak interpretasi berbeda bagi masing-masing yang melihat.

  

Foto terakhir menunjukkan salah satu karakter arsitektur kontemporer yaitu sustainability. Bangunan ini difabrikasi dari bahan daur ulang : Plat rel kereta, rambu lalu lintas, pintu shower, bahkan buku telepon. Beberapa material bahkan didesain khusus dan belum ada sebelumnya. Ini yang membuat arsitektur kontemporer berbeda dengan arsitektur modern. Karena kebebasan menggunakan komposisi dan material sesuai dengan nafas desain dari bangunan.

 

Rumah yang nyaman dan interior yang baik merupakan impian setiap keluarga.
Kami dapat membantu anda mewujudkan impian anda akan desain rumah yang baik. Kontak kami untuk konsultasi dan konstruksi gaya rumah yang anda inginkan.

Call / WhatsApp : Mutiara Expose

0812-8041-0544
0877-8813-2834
0815-1066-5204

Jl. Raya Pondok Gede No. 49 Lubang Buaya Jakarta Timur


Tidak ada komentar:
Write komentar

Interested for our works and services?
Get more of our update !