Gambar tema oleh MichaelJay. Diberdayakan oleh Blogger.

Author Info

Flickr

Cari Blog Ini

Blog Archive

Gallery

Random Posts

Social Share

Flickr

Sponsor

Recent comments

Text Widget

Text Widget

Contributors

Foto Saya
Penulis merupakan Arsitek & Pengajar yang berkonsentrasi dibidang desain bangunan serta konstruksi. Pertanyaan maupun konsultasi dapat melalui : sahrielmail@gmail.com. Semoga bermanfaat

Events

Latest

Popular Posts

Flickr Images

Recent posts

Pages

Theme Support

Like us

Unordered List

Recent Posts

Popular Posts

Kamis, 01 Juni 2017

Desain Kitchen Set - Luas Ruangan untuk Menambah Island pada Dapur

Menggunakan island kadang menjadi kebutuhan yang diharapkan para ibu rumah tangga yang sering berada disekitar kitchen set. Ada kalanya desain interior anda tidak memungkinkan adanya island diarea dapur. Namun ukuran island tidak musti besar. Island dapat disesuaikan dengan ruangan yang ada agar keberadaannya tetap berguna tanpa menghambat aktifitas ruangan.

Kegunaan utama island adalah adanya tempat yang lebih nyaman untuk menyiapkan bahan makanan, untuk menyantap hidangan juga menempatkan kabinet. Namun anda perlu berhati-hati karena penempatan yang kurang baik dapat membuat ruangan menjadi penuh sesak, karena itu ada beberapa ketentuan yang dapat diikuti dalam mendesain kitchen set menggunakan island.

1. Pastikan Ukuran Island yang Tidak Menghambat Pergerakan.
Ukuran yang kecil dapat juga diterapkan dalam mendesain island, kurangi lebarnya jika jalur sirkulasi menjadi terganggu. Lebar 60-70 cukup fungsional untuk ruangan yang kecil. Pada gambar, island diberi roda dibagian bawah untuk fleksibilitas penggunaan ruangan. Jadi ketika memerlukan ruangan lapang, island dapat digeser kesuatu tempat.


2. Perhatikan Jarak Bebas
Jarak bebas merupakan jarak sekeliling island dengan benda lain disekitarnya. Terutama adalah jarak bebas antara island dengan kabinet utama. Pada contoh dibawah ruangan yang tersedia cukup lapang, dapur berukuran 6x5 meter ditempatkan kabinet memanjang sepanjang dinding 6 meter. Ketebalan kabinet sebesar 65 cm, dengan desain kitchen set ini perhatikan sisa ruangan dimana kita dapat menempatkan island dengan jarak bebas yang cukup dikedua sisi memanjangnya.

Jarak bebas yang ideal adalah 1 meter, namun jika tidak memungkinkan dapat diberikan 70-85 cm.



3. Perhatikan Safety
Jarak bebas diatur dengan memperhatikan bukaan-bukaan pintu kabinet dapat beroperasi tanpa membentur island ataupun badan anda. Perhatikan juga barang-barang seperti piring dan pisau, jarak bebas yang terlalu sempit dengan barang yang tidak tertata rapi dapat memunculkan potensi bahaya yang perlu anda perhatikan dalam mendesain kitchen set.
Jika jarak bebas antara kitchen ke island anda sangat minim, gunakan pintu kabinet yang tidak lebar, cukup antara 30-45 cm.



4. Konsultasikan dengan Desainer Anda

Desainer interior memiliki naluri yang baik akan luas ruangan dan ukuran mebel-mebel interior. Pada gambar dibawah ini, Island dibuat dengan ukuran struktur 60 cm, namun memiliki permukaan meja 90 cm, 30 cm cukup untuk posisi lutut ketika duduk di kursi. Sementara bagian yang tidak memiliki kursi dapat ditempatkan kabinet dengan kedalaman 60 cm.


5. Island yang lebih kecil

Ukuran island minimum memiliki panjang 1 meter. Meskipun kecil, island ini dapat berguna untuk tambahan permukaan ketika memasak, juga dapat diberikan satu buah kursi jika mungkin suami atau anak anda menemani ketika memasak. Pada gambar dibawah rancangan kitchen set dan island didesain memiliki banyak kabinet sehingga island pun dapat menampung barang. Jarak bebas antara island dengan kitchen set sebesar 80 cm merupakan jarak bebas minimal yang aman untuk dapur anda.




6. Besarkan ukuran island namun manfaatkan sebaik mungkin untuk mengurangi beban fungsi kitchen set.

Pada gambar dibawah, penggunaan island dibuat maksimal dengan beragam fungsinya. Kabinet serta meja untuk makan dapat ditempatkan dengan kapasitas yang besar sehingga dapat mengurangi bebang fungsi kitchen set anda.


7. Kitchen Peninsula dapat Menjadi Alternatif

Selain island, anda dapat menggunakan kitchen peninsula jika ruangan tidak memungkinkan. Peninsula merupakan semi island yang masih menempel dengan struktur kitchen set utama. Pada gambar dibawah rancangan kitchen set dibuatkan menonjol untuk fungsi tambahan menyerupai island. Struktur ini memiliki estetika tersendiri karena table top berbentuk menyiku dan kabinet tidak monoton menempel pada dinding.


Berikut beberapa image lain penggunaan kitchen set dengan island untuk inspirasi anda.







Kami dapat membantu anda mewujudkan impian anda akan desain kitchen set yang baik. Kontak kami untuk konsultasi dan produksi  kreasi kitchen set yang anda inginkan.

Call / WhatsApp : Mutiara Expose

0812-8041-0544
0877-8813-2834
0815-1066-5204

Jl. Raya Pondok Gede No. 49 Lubang Buaya Jakarta Timur










Tidak ada komentar:
Write komentar

Interested for our works and services?
Get more of our update !