Gambar tema oleh MichaelJay. Diberdayakan oleh Blogger.

Author Info

Flickr

Cari Blog Ini

Blog Archive

Gallery

Random Posts

Social Share

Flickr

Sponsor

Recent comments

Text Widget

Text Widget

Contributors

Foto Saya
Penulis merupakan Arsitek & Pengajar yang berkonsentrasi dibidang desain bangunan serta konstruksi. Pertanyaan maupun konsultasi dapat melalui : sahrielmail@gmail.com. Semoga bermanfaat

Events

Latest

Popular Posts

Flickr Images

Recent posts

Pages

Theme Support

Like us

Unordered List

Recent Posts

Popular Posts

Rabu, 31 Mei 2017

Desain Kitchen Set - Panduan Merencanakan Island Kitchen Set

Mendesain kitchen set dan kelengkapannya memiliki kerumitan tersendiri. Tempat yang terbatas, kabinet yang besar-besar menjadi kendala bagi perencana dalam mendesain kitchen set yang baik. Kebutuhan akan island juga sering berbenturan dengan kebutuhan lainnya ataupun ruangan yang terbatas.

Berikut adalah panduan yang dapat anda gunakan untuk merencanakan island untuk kitchen set anda.


1. Tentukan Fungsi Utama Island

Jika tidak ada fungsi khusus anda tidak perlu mengada-adakan island, karena harga produksi interior akan meningkat tanpa fungsi yang anda butuhkan. Namun jika memang diperlukan deskripsikan kebutuhan fungsinya kepada desainer interior atau pembuat mebel.

Kebanyakan island memiliki dua sisi, satu untuk memasak dan sisi lainnya untuk meja makan. Tapi anda juga dapat merencanakan fungsi lain seperti persiapan memasak, memasak, membersihkan bahan masakan, makan, atau sekedar duduk beristirahat sambil melihat menu di handphone.

Jika anda menginginkan ada sink pada island, maka jelas island membutuhkan lebar yang lebih besar. Jika anda menginginkan island difungsikan untuk makan, maka kursi atau stool perlu diadakan.




2. Peralatan dapur apa yang ingin ada di island kitchen set anda?

Jika sink ada di area island anda, maka pertimbangkan untuk menempatkan pencuci piring pada kabinet didekatnya. Jangan lupakan menempatkan bak sampah karena aktifitas mencuci tidak jauh dari pembuangan sampah. Jika island digunakan untuk memasak, apa anda membutuhkan cooker hood diatas island?


3. Seberapa besar ruang penyimpanan anda inginkan dalam island?

Ini tergantung dari ukuran kitchen set utama anda. Jika pada kitchen set utama sudah terdapat banyak kabinet dan sudah cukup, maka keberadaan kabinet pada island dapat diminimalkan.

Pada umumnya 2 kabinet selebar 60 cm depan dan belakang sudah cukup untuk ditempatkan di island. Untuk lebar ideal island sebaiknya antara 80-90 cm. Namun untuk ruang yang minim, lebar 60-70 cm juga masih memungkinkan. Panjang island bisa 120 cm hingga 2 meter.



4. Berapa ketinggiannya ?

Pertama, jika anda ingin menempatkan kursi atau stool, kursi jenis apa dan tinggi seberapa yang anda gunakan. Apa kursi rendah atau stool yang cukup tinggi membutuhkan island yang tinggi pula (90-100 cm). Island dapat didesain dengan dua ketinggian, ketinggian untuk memasak dan ketinggian untuk makan sesuai dengan kursi yang anda gunakan. Tinggi 90 cm cukup untuk sisi tempat anda menikmati makanan. Pada sisi memasak atau sink gunakan ketinggian yang sama dengan table top pada kitchen set anda.

Pada area makan jangan lupakan jarak bebas untuk lutut anda, berikan 30 hingga 40 cm jarak bebas sehingga anda dapat menggunakan island untuk makan dengan nyaman.


5. Bagaimana Komposisi Island dengan Kitchen Set Utama?

Pastikan aktivitas island dan kitchen set dapat diselaraskan. Pastikan 3 zona dapur dapat berfungsi dengan efektif ketika adanya island. Baca lebih lanjut tentang 3 zona dapur.

Jarak bebas untuk lewat disisi island sebaiknya 80 hingga 90 cm. Pada sisi island yang digunakan untuk aktifitas pekerjaan sebaiknya memiliki jarak minimal 85 cm. Untuk kursi makan atau kursi untuk keperluan lain biasanya ditempatkan dibagian luar area kitchen set dan island.



Demikian beberapa tips dalam merancang island untuk kitchen set anda. Anda dapat menggunakannya untuk mendesain sendiri atau dapat menjadi bahan diskusi dengan desainer anda. Selamat mencoba..


Kami siap membantu anda merencanakan desain kitchen set sesuai kebutuhan anda. Diskusikan dengan kami keinginan beserta bujet yang anda miliki. Harga konstruksi kitchen set dapat menyesuaikan dengan bujet anda.

Kami dapat membantu anda mewujudkan impian anda akan desain kitchen set yang baik. Kontak kami untuk konsultasi dan produksi  kreasi kitchen set yang anda inginkan.

Call / WhatsApp : Mutiara Expose

0812-8041-0544
0877-8813-2834
0815-1066-5204

Jl. Raya Pondok Gede No. 49 Lubang Buaya Jakarta Timur



Tidak ada komentar:
Write komentar

Interested for our works and services?
Get more of our update !