Gambar tema oleh MichaelJay. Diberdayakan oleh Blogger.

Author Info

Flickr

Cari Blog Ini

Blog Archive

Gallery

Random Posts

Social Share

Flickr

Sponsor

Recent comments

Text Widget

Text Widget

Contributors

Foto Saya
Penulis merupakan Arsitek & Pengajar yang berkonsentrasi dibidang desain bangunan serta konstruksi. Pertanyaan maupun konsultasi dapat melalui : sahrielmail@gmail.com. Semoga bermanfaat

Events

Latest

Popular Posts

Flickr Images

Recent posts

Pages

Theme Support

Like us

Unordered List

Recent Posts

Popular Posts

Selasa, 04 Juli 2017

Asal Usul Kelahiran Arsitektur Modern dalam Gaya Rumah

Sumber : Houzz.com


Gaya arsitektur rumah modern berarti perkembangan gaya rumah yang merupakan pergerakan baru tanpa berpatokan pada gaya sebelumnya maupun tradisi. Gaya arsitektur rumah modern terbagi menjadi 2 fase. Fase pertama yaitu arsitektur rumah bergaya Prairie dan Craftsman, yang berlangsung hingga perang dunia pertama. Fase kedua yaitu arsitektur rumah bergaya Art Moderne, Art Deco dan International Style. Fase kedua ini berlangsung sekitar tahun 1930.



Gaya Praire

Asal-usul gaya Prairie adalah sekitar tahun 1900an, arsitek Frank Lloyd Wright dan beberapa arsitek barat membentuk pedoman desain yang bernama Prairie School. Bangunan berpedoman dengan prairie school mengurangi banyak dekorasi disetiap sisi, namun memiliki detail dengan penggunaan material yang lebih sederhana. Gaya ini juga banyak mengekspos bentuk-bentuk horisontal.

 Banyaknya mengekspos bentuk horisontal menjadi perlawanan terhadap gaya victoria pada zamannya dimana banyak menonjolkan bentuk vertikal. Bentuk horisontal pada gaya Prairie terlihat simpel dan menyatu dengan landscapenya.

 



Sedangkan gaya Craftsman mulai muncul di California sekitar tahun 1903 dan menjadi cukup populer di Amerika. Gaya ini dipengaruhi oleh pergerakan Arts and Crafts di Inggris dan sebagian menggunakan teknik perkayuan Asia. Gaya ini terlihat jelas dari kuda-kuda kayu yang menjorok keluar, jendela yang memiliki profil serta pedestal kolom dari bata.

 




Gaya Art Deco

Unsur kata "modern" dalam gaya arsitektur memiliki ciri khas finishing putih, dinding kaca serta atap datar. Ini merupakan karakteristik utama yang berkembang pada perioder perang dunia 1 dan 2. Pada contoh dibawah ini, hunian bergaya art deco, ditunjukkan dari pola miring pada sebuah unsur aksen serta bingkai pada jendela. Gaya ini banyak ditemukan pada bangunan komersil serta apartemen di tahun 1930an.

 

Art Moderne

Gaya art moderne merupakan pergerakan gaya modern yang terinspirasi oleh inovasi mesin industri. Mobil, kapal, alat-alat lain yang merupakan inovasi dizamannya menjadi inspirasi gaya ini. Perhatikan penyusunan glassblock yang melengkung, penggunaan glassblock juga berlanjut hingga saat ini.

 

Gaya Internasional

Arsitek-arsitek Eropa di periode 1920an hingga 1930an mengadopsi filosopi bangunan tanpa ornamen, dan semua elemen dibuat dengan alasan fungsional. Keindahan bangunan didapat dari tingkat presisi karena penggunaan teknologi.


Gaya ini yang memperkenalkan penggunaan curtain wall, dimana dinding depan tidak bertindak sebagai struktur bangunan. Struktur bangunan yang dominan baja membuat penyusunan ruangan menjadi fleksibel.

 

Pada contoh gambar, terlihat elemen-elemen bangunan memiliki sudut tajam, dinding diatas jendela terlihat melayang tanpa penopang, jendela dikelompokkan memanjang seperti pita


Selain itu karakteristik kanopi yang melayang juga kerap ditampilkan. Jendela-jendela lebar memusatkan pandangan ke satu titik point of interest, atau disusun membentuk pita hingga sudut bangunan. Dinding bangunan terlihat masif dan solid seperti blok yang besar. Detail detail terlihat halus dan minim.

 


Awalnya dikembangkan di Jerman melalui pergerakan Bauhaus, gaya internasional berpengaruh pada profesi arsitek hingga saat ini.

Rumah yang nyaman dan interior yang baik merupakan impian setiap keluarga.
Kami dapat membantu anda mewujudkan impian anda akan desain rumah yang baik. Kontak kami untuk konsultasi dan konstruksi gaya rumah yang anda inginkan.

Call / WhatsApp : Mutiara Expose

0812-8041-0544
0877-8813-2834
0815-1066-5204

Jl. Raya Pondok Gede No. 49 Lubang Buaya Jakarta Timur


Tidak ada komentar:
Write komentar

Interested for our works and services?
Get more of our update !