Gambar tema oleh MichaelJay. Diberdayakan oleh Blogger.

Author Info

Flickr

Cari Blog Ini

Blog Archive

Gallery

Random Posts

Social Share

Flickr

Sponsor

Recent comments

Text Widget

Text Widget

Contributors

Foto Saya
Penulis merupakan Arsitek & Pengajar yang berkonsentrasi dibidang desain bangunan serta konstruksi. Pertanyaan maupun konsultasi dapat melalui : sahrielmail@gmail.com. Semoga bermanfaat

Events

Latest

Popular Posts

Flickr Images

Recent posts

Pages

Theme Support

Like us

Unordered List

Recent Posts

Popular Posts

Rabu, 05 Juli 2017

Mengunjungi Rumah Bernuansa Box Beton Bergaya Jepang

sumber : designboom.com

Arsitek Christopher Roberson dan Viv Nguyen percaya bahwa bahan beton mengandung perasaan yang mistis. Ketika mereka memasuki bangunan dengan permukaan beton, mereka merasakan nuansa beton tersebut hingga kedalam tubuh mereka. Perasaan berbeda itu didapat dari karakteristik permukaan beton, cara bahan tersebut memantulkan suara, kesan berat yang ditampilkannya membuat pasangan ini jatuh cinta dengan bahan beton sehingga ingin diaplikasikan dalam rumah mereka.


 


Luas Bangunan : 269 meter persegi,
3 kamar tidur dan 2 1/2 kamar mandi.

Desain rumah ini terdiri dari tiga box terpisah yang memisahkan ruang publik dengan ruang privat. Sebuah box beton besar setinggi 8 meter terdiri dari dapur, area makan, dan area living. Sebuah box dengan lapisan kayu diposisikan diatasnya, sementara sebuah box beton lagi berada diantaranya, memberikan komposisi blok-blok beton dan kayu yang simpel namun unik. Robertson mengatakan bahwa komposisi yang ia buat penuh akan misteri. Pedestrian yang melintas dijalan tidak akan dapat menebak apa fungsi box-box tersebut.


Pasangan ini terinspirasi ketika berkunjung ke Jepang, dimana terdapat banyak bangunan rumah terbuat dari beton. Merasakan berada disekitarnya menginspirasi mereka untuk menciptakan hal serupa sebagai rumahnya.

 

Namun pasangan ini tidak menyangka kesulitan yang mereka hadapi ketika hendak membangun rumah yang telah mereka desain. Salah satu contohnya adalah ketika membuat bekisting untuk pengecoran dinding rumah ini, membutuhkan 10 orang pekerja dan waktu 1 bulan hanya untuk membuat bekisting yang cukup kuat dan presisi. Karena resiko dari pengecoran ini adalah bekisting dapat jebol karena tekanan yang besar dari beton.

 

Dari gerbang masuk, kita menemukan pintu gerbang yang berputar diporosnya. Setelah melewati pintu tersebut deretan pagar dan dinding beton hadir dikiri dan kanan, jalan setapak ditutupi oleh kerikil-kerikil limestone.

 


Ruang keluarga, dapur dan ruang makan terintegrasi dalam sebuah open plan. Gaya interior yang simpel, sudut-sudut tajam minimalis merupakan pengaruh arsitektur Jepang yang kuat.


 


Skylight dan halaman dalam pada kedua ujung rumah memberikan akses cahaya alami untuk berpenetrasi kedalam rumah. Perencanaan pengaturan cahaya matahari menggunakan teknik software komputer yaitu sun study, hasilnya sesuai dengan perhitungan. Bagian plafon menggunakan lapisan-lapisan kayu seperti yang ditampilkan dipermukaan depan bangunan.

 

Bidang hitam menyerupai dinding dibuat bertujuan untuk membuka dan menyembunyikan ruang kerja arsitek ketika tidak digunakan. Ruang ini berbatasan langsung dengan dapur.


 

Dapur didesain agar tidak terlihat seperti "dapur". Pemilik rumah ingin agar peralatan-peralatan dapur tersembunyi didalam kabinet agar tidak mengganggu suasana ruangan yang menyatu dengannya.


 

Memasuki lantai 2, terdapat 3 buah kamar tidur dan sebuah perpustakaan mini dibagian kiri setelah tiba memasuki ruang atas.



Kamar mandi menggunakan lapisan marmer pada setiap dinding dan lantainya, karena pemilik rumah tidak ingin menggunakan partisi kaca yang sering kotor terkena noda.







Kamar tidur utama terdiri dari tempat tidur ukuran sedang, namun menggunakan lemari yang cukup besar. Jendela didesain agak kebawah agar pemandangan yang terlihat lebih ke pekarangan, bukan kearah rumah tetangga. Hal ini menimbulkan perasaan bahwa tempat ini tidak dikelilingi bangunan.

 

Desain perpustakaan yang unik dan nyaman sebagai ruang yang sempurna untuk meneliti dan mencari informasi.


Rumah yang nyaman dan interior yang baik merupakan impian setiap keluarga.
Kami dapat membantu anda mewujudkan impian anda akan desain rumah yang baik. Kontak kami untuk konsultasi dan konstruksi gaya rumah yang anda inginkan.

Call / WhatsApp : Mutiara Expose

0812-8041-0544
0877-8813-2834
0815-1066-5204

Atau email keperluan, denah & bujet anda ke mutiaraexpose@gmail.com
Jl. Raya Pondok Gede No. 49 Lubang Buaya Jakarta Timur




Tidak ada komentar:
Write komentar

Interested for our works and services?
Get more of our update !