Gambar tema oleh MichaelJay. Diberdayakan oleh Blogger.

Author Info

Flickr

Cari Blog Ini

Blog Archive

Gallery

Random Posts

Social Share

Flickr

Sponsor

Recent comments

Text Widget

Text Widget

Contributors

Foto Saya
Penulis merupakan Arsitek & Pengajar yang berkonsentrasi dibidang desain bangunan serta konstruksi. Pertanyaan maupun konsultasi dapat melalui : sahrielmail@gmail.com. Semoga bermanfaat

Events

Latest

Popular Posts

Flickr Images

Recent posts

Pages

Theme Support

Like us

Unordered List

Recent Posts

Popular Posts

Rabu, 05 Juli 2017

Bagaimana Memilih Finishing untuk Perlengkapan Kitchen Set Anda

sumber : houzz.com

  
Perlengkapan kitchen set (appliance) yang berupa kulkas, microwave, kompor, cooker hood & mesin pencuci piring pasti kita butuhkan untuk melengkapi rencana desain kitchen set. Memperhatikan keberadaan perlengkapan tersebut merupakan sebuah keniscayaan dalam desain kitchen set yang kita buat. Karena kitchen set bukanlah semata-mata kabinet-kabinet penyimpanan, melainkan juga membutuhkan alat-alat perlengkapan untuk menunjang kegiatan memasak didapur.


Pemilihan dan peletakan perlengkapan dapur perlu perencanaan matang berbarengan dengan desain kabinet-kabinet kitchen set. Perhatikan ukuran-ukuran perlengkapan yang akan digunakan agar tidak terjadi pembongkaran ketika kabinet sudah terbentuk namun ukuran perlengkapan berbeda dengan yang disediakan. Tidak hanya ukuran, permukaan finishing perlengkapa dapat kita pilih agar sesuai dengan desain utama kitchen set.

Berikut beberapa jenis finishing permukaan dari perlengkapan dapur dan kecocokannya dengan permukaan desain kitchen set.

 

1. Stainless Steel

Permukaan finishing stainless steel merupakan yang paling populer karena kehandalan materialnya dalam berbagai situasi dapur. Perlengkapan yang memiliki permukaan stainless steel terlihat berkualitas dan memiliki nilai tinggi. Namun anda perlu memperhatikan kecocokan dengan desain finishing kitchen set anda.

Beberapa situasi yang cocok bagi anda untuk menggunakan perlengkapan berpermukaan stainless steel adalah :

1.1. Desain kitchen set yang modern.

Permukaan stainless steel memang erat kaitannya dengan kehidupan modern. Begitupula dengan desain modern yang diterapkan pada kitchen set akan sangat cocok dan menyatu dalam konsep. Namun perhatikan kebersihan dan kerapihan karena permukaan stainless steel akan sangat mudah menempelkan minyak serta sidik jari.

 

1.2. Desain kitchen set bertemakan kayu.

Perpaduan yang baik dapat diciptakan antara permukaan stainless steel pada perlengkapan dengan kabinet bernuansa kayu. Ini akan menciptakan kombinasi antara alami dengan modern. Seringkali aksen stainless steel dapat membantu memberikan komposisi dari permukaan kabinet yang seluruhnya bernuansa kayu.

 

1.3. Desain kitchen set bergaya transisi

Gaya transisi yang merupakan perpaduan antara tradisional dengan kontemporer dapat juga menjadi perpaduan yang cocok antara perlengkapan stainless steel dengan permukaan kabinet kitchen set anda. Skema warna putih, abu-abu dan metalik dapat anda gunakan untuk komposisi ini.

 


1.4. Kitchen set bernuansa biru

Warna metalik dari stainless steel dapat menjadi perpaduan yang menarik untuk kabinet kitchen set yang berwarna biru. Contoh dibawah ini merupakan pembuktiannya.

 



2. Perlengkapan yang Memiliki Permukaan Hitam

Selain stainless steel terdapat juga pilihan perlengkapan berfinishing hitam. Hitam merupakan sebuah warna netral dan memiliki ketebalan. Berikut desain kitchen set yang cocok dengan perlengkapan berpermukaan hitam.

2.1. Kitchen set bernuansa Hitam-Putih

Banyak orang yang menyukai perpaduan warna hitam putih untuk kitchensetnya. Disinilah anda dapat menggunakan perlengkapan berpermukaan hitam untuk dipadukan. Pada contoh-contoh dibawah ini terlihat perlengkapan hitam menyatu dengan kabinet-kabinet bernuansa putih.

 


2.2. Kitchen Set bernuansa gelap.

Adapula kitchen set bernuansa hitam dilengkapi dengan perlengkapan dapur yang berwarna hitam pula.

 



2.3. Kitchen Set bernuansa abu-abu.

Skema warna abu-abu sangat cocok dipadukan dengan perlengkapan berpermukaan hitam. Pada contoh dibawah, penggunaan LED strip dibagian bawah kabinet atas memperkaya tampilan dengan cahaya yang lembutnya.

 

2.4 Kitchen Set pada ruang yang cukup luas.

Jika anda cukup beruntung memiliki kitchen set yang cukup luas, perlengkapan bernuansa hitam akan cocok diterapkan. Warna hitam akan membuat ruangan yang luas terasa lebih intim dan elegan.

 


3. Permukaan perlengkapan berwarna putih

Perlengkapan yang memiliki permukaan putih mungkin terlihat agak kuno karena tren saat ini tidak demikian. Namun ada beberapa desain kitchen set yang cocok untuk menerapkan perlengkapan jenis ini.

3.1. Kitchen set bernuansa putih pucat.

Warna putih pucat, yang terlihat sedikit lebih gelap dari putih, menyajikan nuansa yang welcome. Perlengkapan yang berfinishing putih tidak akan mengacaukan konsep anda.

 

3.2. Kitchen set dengan ruangan berplafon gelap.

Plafon yang bernuansa kayu atau plafon pvc yang memiliki motif mungkin anda gunakan pada dapur anda. Namun kadang plafon bernuansa kayu membuat ruangan menjadi agak gelap dan terkesan berat. Disini desain kitchen set bernuansa putih beserta perlengkapannya dapat mengangkat mood ruangan menjadi lebih ringan.



3.3. Kitchen set dengan table top berwarna terang

Selain perpaduan dengan kabinet, warna perlengkapan dapat dipadukan dengan warna table top. Pada contoh dibawah, table top menggunakan marmer berwarna putih bercorak. Ini membuat perlengkapan berwarna putih untuk ikut dalam komposisi desain kitchen set.


 

4. Permukaan Perlengkapan yang Berwarna.

Beberapa suplier elektronik menyediakan pilihan warna untuk perlengkapan dapur anda. Jika anda menginginkan sentuhan khusus yang berbeda untuk kitchen set anda serta anda menginginkan tampilan perlengkapan yang jarang dipilih orang, jenis perlengkapan berwarna dapat menjadi pilihan anda. Berikut beberapa contohnya :

4.1. Kitchen set bergaya retro.

Kitchen set bergaya retro sangat terbuka untuk kemungkinan beranekawarna perlengkapan anda. Jangan ragu untuk menggunakannya.

 


4.2. Kitchen set untuk anda yang ingin tampil beda

Desain kitchen set bergaya modern atau kontemporer mungkin menurut beberapa orang terkesan membosankan. Inilah yang dapat anda pilih jika anda ingin tampil beda dari desain kitchen set yang sudah pasaran.


5. Menutup perlengkapan dengan kabinet.

Selain menampilkan perlengkapan dapur dengan berbagai finishingnya, kita dapat pula mendesain kitchen set yang menutup semua perlengkapan dengan panel multipleks. Kadang cara ini digunakan ketika pemilik tidak ingin desain kitchenset yang ia miliki terganggu dengan keberadaan perlengkapan dapur. Berikut beberapa situasi yang dapat anda manfaatkan untuk menerapkan penutup untuk perlengkapan dapur.

5.1. Kitchen set pada ruang yang terbatas.

Pada kitchen set yang kecilpun kita tetap membutuhkan perlengkapan dapur yang utama seperti kulkas atau microwave. Membiarkannya terlihat akan membuat kitchen set yang kecil menjadi begitu sumpek. Penggunaan panel untuk menutup tampilan perlengkapan dapur dapat membuat desain kitchen set yang kecil menjadi tidak terganggu dan tetap harmonis dengan ruangan anda.

 

5.2. Kitchen set bertemakan alami

Untuk pengguna yang sangat menggemari desain yang alami seperti penggunaan nuansa kayu, akan cocok untuk mempertimbangkan penutup bagi perlengkapan-perlengkapan dapur. Dengan demikian nuansa alami yang berusaha anda ciptakan tidak akan terganggu sedikitpun.

 


5.3. Kitchen set yang memadukan beberapa warna

Jika kitchen set anda sudah memadukan beberapa warna, akan sangat penuh sesak jika ditambah penampilan dari perlengkapan dapur. Ada baiknya perlengkapan dapur tersebut tertutup kabinet agar komposisi warna kitchen set anda tidak bertambah ramai.

 

Kami siap membantu anda merencanakan desain kitchen set sesuai kebutuhan anda. Diskusikan dengan kami keinginan beserta bujet yang anda miliki. Harga konstruksi kitchen set dapat menyesuaikan dengan bujet anda.

Kami dapat membantu anda mewujudkan impian anda akan desain kitchen set yang baik. Kontak kami untuk konsultasi dan produksi  kreasi kitchen set yang anda inginkan.

Call / WhatsApp : Mutiara Expose
0812-8041-0544
0877-8813-2834
0815-1066-5204

Atau email keperluan, denah & bujet anda ke mutiaraexpose@gmail.com
 Jl. Raya Pondok Gede No. 49 Lubang Buaya Jakarta Timur




















Tidak ada komentar:
Write komentar

Interested for our works and services?
Get more of our update !